Makanan imlek, ternyata punya arti

Walau udah diperkirakan masuk ke Indonesia taun 1800-an, orang – orang keturunan Cina masi aja ngerayain taun barunya yaitu IMLEK. Awalnya, imlek itu adalah perayaan petani – petani di Cina yang bertepatan dengan penanggalan bulan. Biasanya sih tanggal 1 bulan pertama di awal taun baru. Mereka juga mengaitkan imlek dalam menyambut musim semi. Di Indonesia imlek gak hanya untuk penduduk agraris, tapi juga untuk semua yang keturunan Cina. Upacaranya dari tanggal 30 bulan ke-12 dan berakhir tanggal 15 bulan ke-1. Acaranya itu, ada sembayang imlek, sembayang tuhan, dan cap go meh.

Lucunya, setiap sembayang imlek disajikan 12 menu makanan. Jadi, tiap yang jago makan pasti udah nunggu hari imlek dateng. Iya kan???? Di Indonesia, makanan yang dipilih biasanya punya arti kayak gini nih : “kemakmuran”,”panjang umur”,”keselamatan”, atau “kebahagiaan”. Contohnya fucai (rumput laut yang warnanya item mirip rambut untuk campuran adonan bakso), dalam bahasa Cina fa cai artinya makmur. Kue keranjang yang disusun ke atas dan kue moko / kue mangkok (yang warnanya merah di atasnya ada harapan kehidupan yang manis dan mekar) juga kayak gitu, selalu ada waktu imlek.

Semua menu diatur di meja sembayang yang bagian depannya udah digantung kain khusus, biasanya sih gambar naga merah. Yang punya rumah doa manggil leluhurnya untuk menyantap sajian yang disuguhin.

Malam taun barupun acara bersantap dilakuin lagi. Selese makan, mereka begadang, sambil buka pintu lebar – lebar biar rejeki masuk. Waktu begadang, juga ada makanannya lho… ada kuaci, kacang, sama permen (tapi, orang Cina di dekat rumah aku kog gak kayak gitu ya??).

Duh… makanan lagi nih, saat imlek juga ada nastar, lapis legit, kue semprit mawar, manisan kolang – kaling, sama agar – agar yang dicetak bintang artinya kehidupan yang terang.

Kalo udah 7 hari, dirayain sembayang tuhan. Makanan yang disiapin pun agak beda, yaitu vegetarian, tapi, tetep aja kue ku, kue keranjang, sama buah tetep ada.

Penutup rangkaian imlek jatuh 15 hari kemudian yang disebut cap go meh. Sebagian orang cina sih nyajikan lontong cap go meh (isinya lontong, lodeh terong, telur pindang, sate kambing, sama sambel docang)

About these ads

8 Komentar

Filed under Uncategorized

8 responses to “Makanan imlek, ternyata punya arti

  1. tiann

    gillaa…k
    bnyak x mkananna and lama amt upacrana..??

    nipponk..
    keg mn cr nmbahin aplikasi keg + video.. gmbar.. dll..??

  2. rinda94

    waaaa…..emg mkanan imlek ada krn alsan dund…jgn kan mkanan,,npa rata2 pke wrna mrah pas imlek jha bkn cma krna tradisi….tp,krn ad alsnnya…

  3. ndrakrenzs

    Adoh2….
    Keraen Pna Arti Pa GtH, Trnyata Cmn Gtuan…^^
    Tsa Ko Ska Sma Anak 1 Les Ko Kan..?

    Hhhahhahahaha….
    Ketauan Ea Ko Ska Sma Tmn Stu Les Ko..?
    Hayooo NgaKu….

    Eh Ko OL Bnyak2 Npa..
    Byar Kta Bsa Cmnt2 Gth..
    Ceileh Kya Gk Prnah Ktmu Stahun Ja Cmnt2aN TruzZ….
    Hihhiihihi….^^

  4. l1nl4n

    hoi Tashaaa,, aq dh ksh komen ni,,
    mn poto mknanNa???
    g’seruw ni,,,

  5. eegoom

    hhhehehh,,
    nih dah Q ksh komen…

  6. ndrakrenzs

    kwekwekwkekw…..

    Spa Yng jealous…. Dsar Tsa…
    Geeerrr Kli Ko Hhahhahaaa….^^

    Eh Bararti Bner Kan Ko Ska Sma Ntuh aNk?
    EmM Tp Pa Dya Ska Sma Ko?
    Hhiihihihihi….. :D
    Canda KukH….
    Tsa Jgn Mrah ea Ku Kan Cnm Bcanda D):

  7. ndrakrenzs

    Wkakwekwekw……
    Gk Perlu Ku Yng Cba …
    Ku Dah Suruh Anak Buah Ku Yng Cba….
    Dia Dh Ku Didik Biar Bsa Naikin Ntuh Mtor.
    Orang Na Da Di Fto Yng Ko Liat….
    Nah Jd Ko Tau Kan Spa Orang Na..^_^
    Hhhahahahaaa….. :D
    Eh Tp Di Liat Dre Ftu Na Dah Keliatan Kan Canggih Pa Engga Na…. ea Gk Tsa..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s